Wednesday, July 30, 2008

Indonesian Cultural Exchange on The Cumberland

Bulan Juni 2008, Kiri Depan berkesempatan menjadi peserta pada program pertukaran dalam rangka membangun hubungan kerjasama antara non-profits arts, dalam hal pendidikan dan organisasi kebudayaan, yang disponsori oleh kedutaan besar U.S dan Ford Foundation serta yang bertindak sebagai pihak penyelenggara adalah Appalshop sebuah komunitas yang berdiri sejak tahun 1969, Appalshop menggunakan media dan seni untuk bekerja bersama dalam sebuah komunitas guna menciptakan perubahan social yang positif, menghilangkan stereotype budaya; dan menciptakan ruang public dimana orang-orang dapat datang bersama untuk membahas suatu isu dan mencari solusi melalui semangat kebersamaan. Selain itu yang bertindak sebagai local partner di Indonesia adalah Boemboe Forum Jakarta yang bergerak pada pengembangan film indpenden di Indonesia.
Kami mengajukan aplikasi program ini pada tahun 2007, Kiri Depan Makassar, melakukan kerja jaringan dan Pemutaran serta diskusi mengenai film-film independent, juga sekali-kali membuat film. Kiri Depan terpilih mewakili Sulawesi Selatan (Makassar) pada program ini dengan beberpa rekomendasi dari orang-orang yang pernah terlibat kerja sama sebelumnya baik dalam skala regional maupun nasional dan internasional. Hasil akhir menyatakan bahwa yang lulus pada program ini adalah Saya (Patmawaty Taibe), Nur Azikin dan Adityaahmad semuanya merupakan anggota dari komunitas Kiri Depan.
Program pertukaran ini melibatkan organisasi nirlaba yang berasal dari pulau Kalimantan dan Sulawesi Indonesia semua organisasi tersebut bergerak pada community development dengan menggunakan media audio visual dalam prosesnya. Untuk daerah Sulawesi komunitas yang terpilih adalah,Kendari; TV Kendari dan Radio Suara Alam ( Wawan Sofijan, Maxima Ngura, dan Anakia), Makassar; Kiri Depan Community (Patmawaty Taibe, Nur Azikin, Adityaahmad), Palu, Komunitas adat Ngata Toro (Rizal Machmud, Silvia, Metusalak), untuk daerah Kalimantan terdiri dari Balikpapan, Padi (Ahmad SJA, Hari Dermanto), Pontianak, Canopy (Deny Sofian, Lia Syafitri) dan Jakarta, Boemboe (Amin Shabana, Ray Nayoan).
Program pertukaran ini merupakan program training media bagi remaja (usia 18-30 tahun), pada program ini kami mempelajari keahlian yang dapat membantu dalam membuat dan membagi pengalaman dalam bidang video, audio dan media lainnya seperti event, masyarakat, ide, tema dan isu-isu penting lainnya bagi diri sendiri, masyarakat dan budaya. Selain itu kami juga mempelajari keahlian tentang capacity building untuk organisasi nirlaba dan pemahaman lintas budaya melalui pengalaman bertemu dengan banyak orang pada seedtime festival Cumberland 2008 serta terlibat produksi film bersama dengan siswa Appalachian Media Institute (AMI), dan tentunya pengalaman secara umum di U.S sendiri.

No comments: